belitung timur. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pariwisata Bangka Belitung 7



Pantai Olie Pier yang terletak di Desa Lalang merupakan salah satu pantai yang menyimpan banyak sejarah. Pantai ini dulunya merupakan pelabuhan minyak yang digunakan untuk mensuplai kebutuhan miyak perkantoran, kendaraan, sekaligus stasiun pembangkit listrik tenaga diesel (EC). Di pantai ini dulunya terdapat dermaga besar sebagai tempat bersandar kapal-kapal pembawa minyak. Saat ini yang tersisa hanya dermaga tua dengan kondisi yang sering digunakan sebagai tempat memancing ikan. Di sekitar Pantai Olie Pier terdapat hamparan rumput dan alang-alang.














Batu Mentas merupakan kawasan konservasi yang dikelola oleh Komunitas Lingkungan Hidup Belitung (KLHB) bekerjasama dengan pemerintah dan beberapa NGO (Non Goverment Organization) yang peduli terhadap masalah lingkungan. Tempat ini merupakan sanctuary bagi fauna maskot Provinsi Bangka Belitung Tarsius Bancanus Saltator atau yang dikenal dengan nama Pelilean. Selain menjadi pusat konservasi tarsius, kawasan ini juga dikembangan sebagai eko wisata yang menawarkan berbagai aktivitas seperti menginap di rumah pohon, river tubing, jungle tracking, hingga Tarsius Watching di malam hari. Dengan biaya Rp 10.000, wisatawan dapat melihat tarsius di dalam penangkaran (data diperoleh pada Mei 2012, harga dapat berubah sewaktu-waktu).


Sumur Batu merupakan sumur kuno yang ada di tepi pantai, di kaki Bukit Samak. Meskipun di tepi pantai, air sumur ini tawar sehingga bisa digunakan untuk memasak atau sebagai air minum. Dulunya sumur kecil ini merupakan mata air biasa yang kemudian dibangun tepiannya. Di dekat Sumur Batu juga terdapat sumur lain yang airnya tidak begitu bagus sehingga hanya bisa dugunakan untuk mandi dan bukan untuk air minum.














Pantai Nyiur Melambai yang juga dikenal dengan nama Pantai Lalang terletak di kaki Bukit Samak. Pantai yang sering dijadikan lokasi festival maupun perhelatan seni budaya ini memiliki joging track, gazebo permanen, panggung terbuka, wall climbing, serta deretan warung yang menjual minuman dan makanan serta oleh-oleh khas Belitung Timur. Di pantai yang landai ini Anda dapat melakukan beragam aktivitas seperti voli pantai, joging, bermain pasir, atau hanya duduk menikmati panoramanya. Jajaran perahu katir warna-warni juga turut menambah semarak suasana pantai ini.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar