belitung timur. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pariwisata Bangka Belitung 6


Rumah Adat Selat Nasik merupakan bangunan rumah panggung yang sering digunakan sebagai lokasi perayaan Maras Taun warga Selat Nasik. Rumah adat yang terletak tak jauh dari Pelabuhan Selat Nasik ini berbetuk rumah panggung yang terbuat dari kayu dan pengunjung boleh masuk.


Monumen Perjuangan Rakyat terletak di dekat Kantor Kecamatan Selat Nasik dan Wisma Mendanau. Monumen yang puncaknya berupa tangan yang menggenggam bendera merah putih ini menjadi penanda bahwa tempat ini dulunya merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat Belitung melawan penjajah kolonial.


Mercusuar Tanjung Lancur terletak di ujung barat Selat Nasik, Pulau Mendanau. Mercusuar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1882 ini masih berfungsi hingga kini dan menjadi penuntun lalu lintas kapal yang melintasi Selat Gaspar. Untuk mencapai Mercusuar Tanjung Lancur Anda bisa naik boat dari Pelabuhan Gual dengan membayar Rp 150.000 / kapal atau melalui jalan darat berupa jalan setapak melintasi hutan (data diperoleh pada Mei 2012, harga dapat berubah sewaktu-waktu).















Bukit Samak yang terletak di Desa Lalang dulunya merupakan perumahan elit kaum Belanda dan petinggi PT Timah. Rumah-rumah bergaya Belanda dengan halaman luas dibangun mengikuti kontur perbukitan dan dihubungkan melalui jalan aspal mulus mengitari bukit. Saat ini 2 rumah di Bukit Samak menjadi rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggar. Di puncak bukit samak terdapat penginapan, taman wisata dengan beberapa hewan, restaurant, serta cafe yang menghadap laut lepas. Bukit Samak menjadi salah satu tempat nongkrong populer bagi muda-mudi Kabupaten Manggar.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar