belitung timur. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pariwisata Bangka Belitung 8















Terletak di hulu Sungai Lenggang, Gantung, Bendungan Pice kini tidak hanya berfungsi untuk mengatur tinggi rendah permukaan air yang dialirkan ke areal persawahan namun juga menjadi salah satu tempat wisata favorit anak-anak muda untuk menghabiskan senja. Bendungan Pice dibangun pada tahun 1934 - 1936 oleh Belanda. Wisatawan yang datang dapat berjalan di atas bendungan ini guna menuju ke sebarang sungai. Di sisi kanan maupun kiri bendungan terdapat gazebo untuk menikmati keindahan alam serta warung yang menjual aneka makanan.















Replika SD Muhammadiyah merupakan bangunan yang dibuat dalam rangka syuting film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel Andrea Hirata. Terletak di atas bukit pasir dan dekat dengan danau serta dermaga yang kayu-kayunya sudah lapuk membuat tempat ini semakin eksotis. Kesan kuno pun terlihat jelas dari dua kayu penyangga bangunan, atap yang bocor di sana-sini dan dinding kayu yang berlubang. Replika SD Muhammadiyah ini menjadi salah satu tempat yang wajib didatangi wisatawan saat berkunjung ke Belitung.















Menikmati kesejukan alam pegunungan menjadi pilihan saat berwisata. Salah satunya air terjun Gurok Beraye. Jernihnya air, sejuknya udara pegunungan, dan gemericik suara air terjun dapat menghadirkan suasana yang menenangkan. Kita dapat menikmati kesejukan air sambil melihat banyak ikan belang baju yang sedang berenang bebas. Namun ada kepercayaan bahwa ikan-ikan tersebut tidak boleh ditangkap. Untuk sampai ke Gurok Beraye kita bisa melewati jalur bekas stasiun relay eks PT Timah. Ikuti jalan aspal hingga menemukan percabangan kemudian ambil jalan menurun. Walaupun berada di atas gunung, kita tidak perlu khawatir kelelahan naik ke atas, karena sudah tersedia akses jalan untuk kendaraan menuju air terjun ini. Namun perlu diwaspadai karena tanah di sisi jalan rawan longsor.















Pantai Penyabong terletak sekitar 65 km dari Kota Tanjungpandan. Lokasinya yang berada di desa Batu Lubang menjadikan pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Batu Lubang. Sepintas Pantai Penyabong menyerupai Pantai Tanjungtinggi karena dipenuhi gugusan batu granit. Namun keistimawaan Pantai Penyabong adalah adanya batu granit raksasa yang menjorok ke tengah laut laksana dermaga alami. Saat ini Pantai Penyabong mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata utama Kecamatan Membalong. Warung-warung makan sudah ada di pantai ini. Ombak dan angin di Pantai Penyabong lebih besar dibanding Pantai Tanjungtinggi. Karakter pasirnya yang kasar seperti garam akan memberikan sensasi tersendiri saat Anda berjalan tanpa alas kaki di atasnya.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar