belitung timur. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pariwisata Bangka Belitung 4















Vihara Dewi Kwan Im atau yang juga disebut dengan Vihara Burung Mandi terletak di lereng bukit dan langsung mengadap ke Selat Karimata. Meskipun di papan nama tertulis dengan nama Vihara Buddhayana, tempat yang dibangun pada tahun 1474 ini lebih sering dijadikan sebagai tempat sembahyang umat Kong Hu Cu. Vihara Dewi Kwan Im memiliki 3 bangunan sebagai tempat berdoa. Bangunan utama adalah tempat berdoa kepada Dewi Kwan Im, bangunan kedua merupakan tempat berdoa kepada Buddha, dan bangunan terakhir adalah tempat berdoa kepada Toapekong atau Dewa Laut. Jika Anda datang di waktu yang tepat, Anda bisa melakukan ciamsi (ramal nasib) dengan bantuan juru kunci vihara ini. Vihara Dewi Kwan Im dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 - 16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan akan buka hingga pukul 17.00 WIB.













Pantai Burung Mandi terletak di kaki bukit Gunung Mandi dan tak jauh dari Vihara Dewi Kwan Im. Pantai berpasir putih kecoklatan dan landai ini dihiasi ratusan pohon cemara udang dan pohon kelapa sehingga sejuk dan tidak panas. Berbeda dengan pantai-pantai di Kabupaten Belitung, Pantai Burung Mandi tidak dihiasi batu-batu granit berukuran raksasa. Pantai ini dilengkapi dengan gazebo-gazebo permanen yang dapat dijadikan sebagai tempat bersantai sembari menikmati panorama pantai.















Danau Mempayak terletak tepat di tepi jalan utama yang menghubungkan Kelapa Kampit dan Manggar. Danau yang berada di kaki bukit ini memiliki pemandangan panorama yang indah dengan perpaduan warna hijau perbukitan dan birunya langit. Saat cuaca cerah akan terlihat refleksi gunung, awan, dan tumbuhan di permukaan danau. Di tepi danau yang dahulu merupakan kolong bekas penambangan timah ini terdapat gazebo-gazebo permanen yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat untuk melepas penat. Suara cicit burung dan derik serangga menjadi orkestra alam yang sempurna sebagai iringan untuk menikmati keindahan danau ini.














Pantai Serdang berjarak 1 km dari pusat Kota Manggar dan berhadapan langsung dengan Selat Karimata. Pantai landai berpasir putih ini dihiasi pohon pinus di sepanjang pesisirnya. Deretan perahu katir (perahu dengan kayu penyeimbang di kanan dan kirinya) warna-warni menambah semarak suasana pantai. Saat sore menjelang pantai ini akan dipenuhi anak-anak kecil yang bermain bola atau membakar ikan. Pantai Serdang merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan sunrise.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar