belitung timur. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Bandung River Marina Beltim

   Sebagai Kabupaten baru, Belitung Timur, di Bangka Belitung ingin menjadi tujuan wisata yang memikat. Masalahnya, wilayah Bangka Belitung manapun, terutama kawasan pantainya memang sama-sama indah dan akhirnya bersaing satu sama lain untuk menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.
   Apa sebenarnya marina internasional? Bandingannya adalah bandara internasional. Jika bandara adalah tempat lepas landas dan mendarat pesawat terbang dari pelbagai wilayah domestik dan mancanegara, maka marina internasional khusus untuk kapal pesiar (yacht).
Kawasan Kolong Bandung yang terletak di Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ini, mempunyai karakteristik yang unik sehingga membuat Bupati Beltim, Basuri T Purnama, kepincut ingin mengembangkan salah satu sudut di kolong itu menjadi sebuah kawasan ekslusif.
   Kolong Bandung tak seperti kebanyakan. Letaknya spesial lantaran berdampingan dengan pesisir Pantai Serdang. Karakteristiknya mirip laguna, namun tak seperti laguna, Kolong Bandung bukanlah danau asin yang terbentuk dari bagian laut yang dangkal lalu terpisah karena peristiwa geografi.

   Kolong Bandung murni buatan manusia. Ia merupakan sebuah kolong tambang timah yang digarap dengan menggunakan kapal keruk. Alur muara kolong yang terhubung dengan laut merupakan bekas jalan masuk kapal keruk ke kawasan tersebut. Alur itu kini menjadi jalur bagi perahu kater nelayan Manggar untuk ke luar melaut.
   Sebagai Kabupaten baru, Belitung Timur, ingin menjadi tujuan wisata yang memikat. Masalahnya, wilayah Bangka Belitung manapun, terutama kawasan pantainya memang sama-sama indah dan akhirnya bersaing satu sama lain untuk menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar